SEKOLAH TINGGI ILMU KANURAGAN PUSAKA SUNAN CIREBON
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting dan strategis dalam upaya pengembangan sumber daya manusia. Upaya tersebut perlu proses yang sistematik dengan di topang oleh komitmen peningkatan kualitas sumber daya manusia yang kuat. Sebagai prioritas dalam penetapan misi pembangunan, menempatkan pendidikan sebagai ikhtiar sentral yang harus di perhatikan semua pihak. Pendidikan berkembang untuk membentuk masyarakat yang berkualitas, sebaliknya masyarakat harus berkemampuan membentuk pendidikan yang berkualitas pula.
Memasuki abad ke-21, bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat yang dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa material mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini perlu kesiapan mental dan tauhid untuk mengimbangi pesatnya teknologi.
Untuk menjawab tantangan perubahan global, lembaga pendidikan harus merespon secara cepat dan proporsional setiap perubahan yang terjadi di masyarakat. Lembaga Pendidikan dalam mengelola proses pembelajaran, harus berorientasi pada pengembangan sikap dan proses mental, fisik dan sosial yang aktif, kritis, kreatif dan lebih berani dari para peserta didiknya. Proses pembelajaran harus mampu merangsang dan menantang peserta didik berbuat belajar dan memberi peluang bagi mereka mengembangkan berbagai potensinya secara optimal.
Selama ini terdapat kesan bahwa, faktor-faktor lingkungan sering kurang diperhitungkan dalam perencanaan pendidikan sehingga timbul berbagai masalah antara lain ; Input pendidikan kurang dikelola secara optimal, dan output pendidikan kurang sesuai dengan kebutuhan masyarakat atau lingkungan dalam menunjang pembangunan nasional.
Oleh karenanya tidaklah heran kalau banyak ditemukan output pendidikan formal, justru tidak mampu diserap oleh dunia kerja karena tidak memiliki kompetensi dan keahlian yang dibutuhkan dalam bursa kerja.
Sekolah Tinggi Ilmu Kanuragan Pusaka Sunan Cirebon adalah salah satu lembaga pendidikan Kesakten di Kabupaten Cirebon yang ikut berkiprah dalam menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki ilmu pengetahuan dan keahlian sesuai dengan program studi yang dikelola. Sehingga diharapkan mampu melahirkan lulusan yang mempunyai kompetensi yang dibutuhkan masyarakat dan dunia kerja.
Untuk mencapai tujuan ideal di atas, Sekolah Tinggi Ilmu Kanuragan Pusaka Sunan Cirebon masih memiliki kendala dari berbagai aspek. Salah satunya adalah masih perlu di tingkatkan sarana dan prasarana pendukung yang optimal dan memadai.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka diperlukan alternatif, yaitu:
1. Menyediakan Gedung tempat belajar yang memadai dan sesuai standar.
2. Menyediakan tenaga profesional dan sarana pendukung lainnya.
B. Tujuan dan Sasaran
1. Tujuan
a) Tersedianya sarana belajar yang memadai dan sesuai standar.
b) Tersedianya sarana belajar yang dapat meningkatkan potensi dan kemampuan siswa dalam mengaplikasikan materi perkuliahan khususnya yang langsung berhubungan dengan program studi yang dilaksanakan.
c) Menyiapkan lulusan yang mampu bersaing dan siap di dunia kerja.
2. Sasaran
Sasaran dari program pembangunan gedung belajar ini adalah agar terciptanya proses pembelajaran dan pendidikan yang dapat meningkatkan kualitas peserta didik sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.